Lilin Aromaterapi: Jenis, Manfaat dan Cara Membuat oleh - tapprojectradio.org

Halo sahabat selamat datang di website tapprojectradio.org, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Lilin Aromaterapi: Jenis, Manfaat dan Cara Membuat oleh - tapprojectradio.org, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca

Lilin aromaterapi, tidak hanya bisa digunakan untuk hiasan semata atau sebagai sumber penerangan saja, karena dibalik bentuknya yang cantik, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan. Seperti namanya, lilin ini bersifat aromaterapi, yang bisa memberikan efek menenangkan.

lilin aromaterapi: jenis, manfaat, dan cara membuat

Adapun, sebelum kamu memilih lilin ini untuk memberikan rasa tenang dan nyaman, lebih baik intip dulu jenis-jenis lilin aromaterapi berikut ini. Karena ternyata, lilin yang bersifat aromaterapi punya banyak jenis, yuk intip di sini:

Jenis-jenis Lilin Aromaterapi
  • Paraffin Wax

Lilin beraroma yang pertama adalah jenis paraffin wax. Jenis lilin ini adalah jenis lilin yang paling umum digunakan. 

Namun, jenis lilin biasanya memiliki aroma yang tidak terlalu mencolok, dan bisa menjadi pilihan ideal bagi yang tidak suka aroma menyengat. 

(Baca Juga: 7 Manfaat Air Purifier untuk Kesehatan)
  • Palm Wax

Sama seperti paraffin wax, palm wax juga termasuk lilin aromaterapi yang tidak memiliki aroma menyengat. Lilin ini akan mengeluarkan aroma lilin yang lembut, karena bahan utama lilin ini adalah minyak kelapa sawit. 

Bahkan, lilin ini bisa dijadikan pilihan yang tepat, terutama bagi kamu yang cinta lingkungan. Karena lilin ini termasuk lilin ramah lingkungan dan tidak berpolutan.

  • Soy Wax

Jenis lilin aromaterapi yang berikutnya ini adalah soy wax. Seperti namanya, lilin ini terbuat dari 100 persen kedelai, serta diciptakan dengan sistem organik, dan tentunya secara manual. 

Jenis lilis ini bisa memberikan aroma yang menyebar dengan cepat ke seluruh ruangan. Selain itu, karena bahannya terbuat dari kedelai, maka jika lilin meleleh di permukaan benda, akan sangat mudah dibersihkan. 

  • Apple and pear Candle Wax

Jenis lilin beraroma yang satu ini memiliki wangi yang sangat segar, bahkan bisa bertahan hingga empat jam. Lilin ini memiliki aroma buah apel dan pir yang segar, dan bikin semangat. 

  • Peppermint Candle Wax

Buat kamu yang suka aroma segar dan menenangkan, lilin aromaterapi jenis peppermint ini bisa jadi pilihan tepat. Bahkan, wanginya tak hanya bisa menenangkan, tapi juga bisa digunakan untuk latihan pernapasan paru-paru. 

  • Lavender Candle Wax

Selanjutnya ada jenis lilin lavender candle wax, yang disebut paling populer. Pasalnya, tidak hanya bisa mengharumkan ruangan, aroma yang dihasilkan juga bisa membuat nyamuk enggan datang.  

  • Lilin Aromaterapi Cengkeh dan Cendana

Mau aroma lilin yang memiliki wangi khas Indonesia? Mungkin jenis lilin aroma cengkeh dan cendana bisa jadi pilihan tepat. 

Seperti yang diketahui cengkeh dan cendana merupakan rempah asli Indonesia, yang wanginya bisa memberikan kesan lokal khas Jawa. 

  • Beeswax

Pernah coba aroma lilin yang terbuat dari madu? Nah, buat kamu yang suka aroma yang menenangkan untuk relaksasi, lilin jenis beeswax bisa jadi pilihan tepat. 

Bagusnya, lilin ini juga hanya mengeluarkan sedikit asap, sehingga menjadikan lilin ini aman untuk kesehatan. 

  • Eucalyptus Mint Candle Wax

Jenis lilin aromaterapi yang tidak kalah memberikan ketenangan adalah eucalyptus mint candle wax. Wangi yang dihasilkan lilin ini, bisa mengurangi stress, bahkan bisa juga dijadikan sebagai terapi bagi kamu yang sedang pusing, sakit kepala, mual-mual, masuk angin, dan lain-lain. 

Nah, sudah tahu kan kalau lilin beraroma ini memiliki banyak jenis, yang dibedakan dari bahan utama hingga aroma esensial yang digunakan. Dari jenis-jenis lilin tersebut juga bisa dibedakan manfaatnya sesuai kebutuhan dan kesukaanmu. 

Manfaat Lilin Aromaterapi

Adapun manfaat lilin aromaterapi secara umum, bisa kamu cek informasinya di bawah ini. Yuk, simak apa saja manfaatnya!

1. Memberikan Efek Menenangkan dan Nyaman

Manfaat lilin aromaterapi yang pertama adalah bisa memberikan efek menenangkan dan nyaman. Dengan lilin ini, ruangan bisa menjadi wangi, sehingga penghuni bisa betah berlama-lama di rumah. 

Bentuk dan warnanya yang unik serta cantik membuat lilin ini, juga bisa dijadikan sebagai hiasan. Kamu bisa letakan lilin di sudut-sudut rak rumah. 

Aroma khasnya seperti lavender, peppermint, eucalyptus dan lainnya, membuat masuk ke daya ingat dan momen tertentu. Sehingga, jika suatu saat kamu mencium aroma yang sama, kau akan mengingat kenangan yang pernah terjadi saat itu. 

2. Bisa Mengurangi Stres dan Kelelahan

Manfaat selanjutnya dari lilin aromaterapi adalah bisa mengurangi stres dan kelelahan. Misalnya, kamu sehabis pulang kerja, habis dilanda stres karena pekerjaan, atau emosi karena jalanan macet, cobalah untuk menyalakan lilin aroma yang kamu suka, dan rasakan pikiran yang lebih baik. 

Badan yang tadinya lelah, menjadi segar dan semangat kembali. Untuk rekomendasi aroma yang cocok untuk meredakan stres dan kelelahan adalah lavender, peppermint, mawar dan lemon balm.

3. Bisa Membuat Kualitas Tidur Lebih Baik

Sedang mengalami insomnia, atau sulit tidur, dan membuat kamu tidak tenang? Cobalah untuk menyalakan lilin aromaterapi dan rasakan manfaatnya, untuk membuat tidurmu lebih baik dan nyenyak. 

Lilin yang memiliki sifat aromaterapi, juga bisa dijadikan sebagai obat alami, untuk memberikan rasa kantuk. Untuk rekomendasi wanginya, kamu bisa pilih aroma chamomile, lavender, dan cendana.

4. Bisa Meningkatkan Semangat dan Energi

Sedang sedih, dan tidak semangat untuk melakukan apapun? Jangan kalah dengan pikiran dan ragamu yang kurang berenergi. Karena kamu bisa merasakan manfaat lilin aromaterapi, yang bisa meningkatkan semangat dan energi. 

Aroma yang dihasilkan lilin ini, bisa memberikan efek semangat dan senang. Kamu bisa pilih varian aroma jeruk, kayu manis, lemon dan jahe. 

(Baca Juga: 12 Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Efektif)
5. Bisa Meredakan Sakit 

Siapa bilang lilin aromaterapi cuma bisa digunakan untuk penenang dan relaksasi? Karena lilin dengan aroma esensial tertentu, juga bisa bantu meredakan sakit loh. 

Sakit di sini, seperti sakit kepala, mual-mual, masuk angin, gangguan pernapasan. Karena aroma-aroma yang dihasilkan, mengandung esensial yang bisa bermanfaat untuk kesehatan. 

Contoh lilin aromaterapi yang bisa digunakan untuk meredakan sakit adalah aroma peppermint, eucalyptus, dan lemon.

Cara Membuat Lilin Aromaterapi Sendiri dengan Mudah

Buat kamu yang suka membuat kreasi sendiri, lilin ini juga sangat mudah dibuat sendiri loh. Yukm intip cara membuatnya berikut ini.

Alat dan bahan:

  • Lilin secukupnya
  • Minyak aromaterapi atau esensial secukupnya dengan aroma favorit kamu
  • Wadah lilin, bisa berupa jar, kaleng, gelas, ataupun mangkuk kecil.
  • Tali sumbu kecil.
  • Panci dan wadah kecil tahan panas
  • Pewarna makanan sesuai selera (optional).

Cara membuat:

  • Siapkan wadah untuk lilin, dan letakan sumbu di tengahnya. Agar sumbu bisa tegak lurus, gulungkan atau plester pada pensil, pulpen, atau sumpit yang dilintangkan di atas wadah lilin.
  • Iris lilin tipis-tipis, lalu masukkan ke dalam wadah tahan panas.
  • Panaskan air dalam panci, lalu tunggu hingga mendidih. Kecilkan api, lalu taruh wadah berisi lilin di dalam air mendidih tersebut. Aduk-aduk hingga mencair.
  • Teteskan pewarna makanan hingga muncul warna yang diinginkan (opsional) bisa digunakan atau tidak.
  • Setelah itu, matikan kompor, aduk lilin untuk menurunkan suhunya.
  • Teteskan minyak aromaterapi atau esensial, dan aduk hingga larut. Biasanya dibutuhkan 10 tetes minyak aromaterapi per 450 gram lilin untuk menghasilkan wangi yang cukup.
  • Setelah minyak aromaterapi larut, tuangkan lilin pada wadah lilin yang sudah diberi sumbu. Tunggu hingga membeku.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait jenis, manfaat, hingga cara membuat lilin aromaterapi sendiri dengan mudah. Jika dilihat dari manfaatnya, pasar yang cukup luas, dan peminatnya, hal ini tentu bisa dijadikan peluang usaha menjanjikan.

Terlebih, dari cara meracik lilin, bahan yang digunakan, juga sangat mudah didapatkan. Kamu tinggal pilih jenis lilin mana, yang lebih banyak dicari. Ketahui juga aroma yang sering digunakan.

Nah, untuk modal pertama, memang cukup membutuhkan biaya cukup besar. Namun, jangan khawatir jika kamu kekurangan modal. Karena CekAja.com siap membantumu untuk mencarikan pinjaman dana tunai, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi finansialmu.

Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi situs CekAja.com, dan dapatkan produk pinjaman dana tunai terbaik pilihanmu, dan bangun bisnis lilin aromaterapi impianmu!

 

Itulah tadi informasi dari situs slot online mengenai Lilin Aromaterapi: Jenis, Manfaat dan Cara Membuat oleh - tapprojectradio.org dan sekianlah artikel dari kami tapprojectradio.org, sampai jumpa di postingan berikutnya. selamat membaca.

Post a Comment

0 Comments